Sabtu, 15 Juni 2013

Berita Sport

TRIBUNNEWS.COM – Persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang seakan tidak ada habisnya dibicarakan. Rivalitas kedua pemain itu memang sangat menarik perhatian para pecinta sepak bola, entah di dalam maupun luar lapangan.
Kali ini masalah harga kedua pemain bahkan sudah diriset oleh CIES Football Observatory di Neuchatel, Swiss. Menurut CIES, bintang Barcelona itu memiliki nilai dua kali lipat dari bintang milik Real Madrid tersebut. Messi bahkan dinilai mengalahkan semua pesepakbola di dunia dengan performa di atas lapanganya.
Riset yang dilakukan oleh CIES itu sendiri dilihat dari berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut adalah umur sang pemain, rekam jejak, jangka waktu kontrak, performa, klub tempat bermain, dan sebearapa banyak sang pemain bermain untuk tim nasional.
Setelah dihitung, harga Messi mencapai angka 253 juta euro atau setara Rp 3,4 triliun. Nilai jual Messi mengalahkan Ronaldo yang hanya bernilai jual 118 juta euro atau setara Rp 1,6 triliun.
Rafaele Poli, salah seorang yang melakukan riset itu pun berkomentar bahwa kemungkinan Ronaldo meninggalkan Real Madrid jauh lebih besar dari Lionel Messi.
"Kemungkinan Ronaldo meninggalkan Real Madrid lebih besar dibanding Lionel Messi meninggalkan Barcelona, yang utama adalah karena harga jual Messi, yang mana tidak ada yang mampu membeli sang pemain, dengan pengecualian ada investor gila yang mengeluarkan uangnya untuk sang pemain," tutur Rafaele.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar